Short Attention Span

Jadi kemarin saya menemukan sebuah diagram yang cukup menarik soal penelitian efek social media sites pada otak manusia, dan bagaimana efeknya bisa kita rasakan.
Salah satu yang paling signifikan adalah menurunnya attention span, atau rentang perhatian pikiran kita, periode waktu dimana kita bisa memfokuskan pikiran pada suatu hal. Dijelaskan bahwa derasnya arus informasi yang kita terima membuat otak kita beradaptasi; kini otak kita bisa berfokus pada berbagai hal secara bergantian. Ini mungkin tidak terdengar buruk, tapi coba pahami, ketika kita berfokus pada bermacam-macam hal pada waktu yang singkat, kita tidak akan mampu memahami suatu hal yang mendalam. Ini seperti ungkapan lama, “Jack of All Trades, Master of None”. Seseorang yang bisa banyak hal, tapi tidak ahli dalam hal apapun.
Di artikel tersebut diungkapkan bahwa attention span rata-rata saat ini, sehubungan dengan efek social media adalah 5 detik, sementara sepuluh tahun yang lalu, sebelum situs media sosial populer, attention span rata-rata adalah 12 menit. Sungguh perbedaan yang signifikan. Gampangnya bisa dikatakan bahwa rata-rata orang di tahun 2000 bisa memperhatikan sesuatu dengan baik selama 12 menit, sementara orang saat ini hanya bisa fokus dan memperhatikan sesuatu selama lima detik.
Saya sendiri merasakan bagaimana hari-hari ini susahnya fokus pada suatu hal dalam waktu yang agak lama. Untuk kasus saya terutama mungkin karena Twitter. Sumber berita utama saya hari-hari ini, dimana arus informasi begitu deras mengalir. Ketika saya membuka link web yang ditulis seseorang di tweetnya, dan menunggu web itu terbuka, saya akan melihat tweet-tweet baru yang bermunculan, dan kadang membuka link lain, kadang sampai lupa apa tadi yang pertama akan dilihat.
Saya tidak tahu apa efeknya, tapi yang jelas kehilangan fokus itu sangat menyebalkan. Mungkin diantara teman-teman ada yang punya ide untuk melatih fokus dan meningkatkan attention span, monggo lho di share di bagian komentar :)

How Social Media is Ruining Our Minds Infographic

Infographic by Assisted Living Today – Assisted Living Facilities

This entry was posted in random, Stuff and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Short Attention Span

  1. Avatar of Yasmeen Yasmeen says:

    betul, rasanya perlu lebih selektif terhadap info yang datang, mana yang mau dibaca secara fokus dan mana yang tidak perlu..

  2. Avatar of Irfan Andi Irfan Andi says:

    Sy jg merasakan hal serupa akhir2 ini. Ingin rasanya membaca setiap informasi baru yg muncul. Alih2 bisa memahami semua, yg ada malah cepat lupa dg apa yg dibaca.
    Sy mencoba membaca lbh fokus dg hal2 yg sy gemari; sedangkan hal-hal lain, dibaca sekedarnya saja. Setidaknya tahu sejenak. :-)

Leave a Reply