Day #1. Blood Simple: A Very Bloody Affair

Di film pertamanya, Coen Brothers membuat sebuah film neo-noir crime yang berkelas dan sangat otentik.


Plot film ini cukup kompleks, tentang seorang pemilik bar yang menyewa seorang detektif untuk menyelidiki istrinya yang dicurigainya berselingkuh. Dari sana, cerita menjadi cukup rumit, penuh penghianatan, kesalah-pahaman, dan ketidak-percayaan. Sebuah plot yang cukup klasik sebenarnya, merujuk pada gaya khas masa keemasan film noir tahun 40-50an, dengan elemen perselingkuhan, detektif sewaan dan segepok uang bayaran. Tapi Coen brothers berhasil menyusun elemen-elemen itu menjadi sesuatu yang tampak baru, menegangkan, dan menghibur, dengan bungkus setting versi gelap dan keras Texas.
Dari segi teknis, film ini juga sangat memukau, shot-shotnya sangat tajam, terutama untuk adegan-adegan utama yang cukup gelap. Didukung juga oleh musik latar yang kadang mencekam dan menghantui, oleh Carter Burwell, yang kemudian menjadi kolaborator setia Coen brothers untuk film-film mereka selanjutnya.


Satu hal lagi yang tidak bisa diacuhkan di film ini adalah akting dari semua aktor yang sangat luar biasa. Mereka bukan bintang-bintang Holywood, mereka adalah aktor watak yang sangat berbakat. Mereka mampu membuat karakter-karakter di sini menjadi hidup. Ini adalah film pertama Frances McDormand, yang langsung melejitkan namanya di kalangan art house dan independent cinema.

This entry was posted in Movies and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply