Day #5. Hudsucker Proxy: Corporate Madness in Vintage Visuals

Hudsucker Proxy adalah film kelima Coen Brothers yang dirilis pada tahun 1994. Ini adalah film screwball comedy-drama dengan tema korporasi dan segala kegilaannya.
Karakter sentral di film ini adalah Norville Barnes, seorang karyawan naif rendahan yang tiba-tiba diangkat menjadi direktur utama Hudsucker Industry, sebuah korporasi besar, menggantikan direktur utama sebelumnya yang baru saja lompat dari jendela lantai 44. Para petinggi perusahaan sengaja memilih Norville yang agak kacau dan tidak berpengalaman agar saham perusahaan jeblok, dan mereka bisa membelinya untuk keuntungan mereka sendiri. Yang mereka tidak sadari, dibalik kenaifannya, Norville memiliki sebuah mimpi inovasi yang dikemudian hari malah mengangkat nama perusahaan Hudsucker Industries.

Film ini mengangkat gaya klasik corporate screwball comedy, lengkap dengan setting tahun 1959, jaman kejayaan klasik korporasi besar amerika, tanpa terlihat kuno, atau membosankan. Joke-joke nya segar, drama nya menyentuh. Cerita klasik seorang underdog yang menjadi pahlawan berhasil menghibur dan menghangatkan penonton.
Menarik sekali melihat dunia korporasi klasik yang digambarkan di sini, lengkap dengan kelicikan para direktur, pekerjaan di tiap departemen, hingga kerja keras para karyawan rendahan di ruang surat.
Secara visual film ini terlihat sangat bagus, sangat vintage, dengan set gedung perusahaan yang dingin dan abu-abu, seperti menggambarkan dunia korporasi yang tidak punya hati dan tidak punya nyawa, hingga detail-detail karakter yang lebih berwarna dan bernyawa.


Oh ya, saya sangat suka sequence dimana Coen brothers menggambarkan bagaimana sebuah produk dibuat, dari saat pembuatan di pabrik, sampai di toko, dan bagaimana sebuah produk menjadi sebuah fenomena nasional. Sangat menarik.

This entry was posted in Movies and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply